TLA

The Kite Runner adalah Novel pertama karya Khaled Hosseini yang lahir di kabul, Novel ini merupakan Best Seller yang telah terjual +8 juta Kopi di seluruh Dunia. Novel yang menceritakan persaudaraan, kasih sayang, pengkhianatan, dan penderitaan yang berlatar belakang negeri Afghanistan dengan kebudayaannya serta suasana politik yang memanas di negeri tersebut yang memaksa Amir (tokoh dalam novel tersebut) dan ayahnya untuk meninggalkan negeri yang di cintainya itu dan pindah ke Amerika.

Novel yang telah di terjemahkan ke dalam 42 Bahasa ini mampu bertengger di daftar New York Times Bestseller selama lebih dari 2 Tahun.

"sesuatu yang terjadi dalam beberapa hari,
kadang-kadang bahkan dalam sehari,
bisa mengubah keseluruhan jalan hidup seseorang."
--Khaled Hosseini dalam The Kite Runner--


Amir yang keturunan Afga tidak mengetahui kalo selama ini Hasan yang keturunan Hazara adalah saudara tirinya , yang dia tahu selama ini adalah Hasan hanya seorang anak pembantu di rumahnya, yang setiap hari menemani Amir bermain dan mengejarkan layang-layang untuknya.
Hasan sangat setia kepada Majikannya yang sebenarnya adalah saudaranya sendiri, walaupun setianya Hasan kepada Amir tetapi Amir tidak merasa nyaman bersama hasan dan suatu ketika Amir menghianati Hasan dan mencoba menyingkirkannya.

Namun setelah Hassan pergi, tak ada lagi yang tersisa dari masa kecilnya. Seperti layang-layang putus, sebagian dirinya terbang bersama angin. Tetapi masa lalu yang telah terkubur dalam-dalam pun senantiasa menyeruak kembali. Hadir membawa luka-luka lama. Dan seperti rapuhnya layang-layang ,tak kuasa menahan badai, Amir harus menghadapi kenangannya yang mewujud kembali.

Novel The Kite Runner banyak memberi pelajaran berharga buat saya tentang artinya kesetiaan, persahabatan, penderitaan, kecintaan pada tanah air dan pencarian sebuah kebahagiaan.
Kembali ke halaman depan

0 komentar